Tips rawatan anis siberia agar mau bunyi

Anis siberia bukan termasuk jenis yang umum tersebar di Indonesia, tapi keberadaannya di pasar-pasar burung selalu ramai terutama pada musim-musim tertentu. Meski kerap dianggap sebagai jenis burung yang susah berbunyi, tapi banyak kicaumania tertarik memeliharanya karena merasa penasaran dengan suara dan ocehannya. Sebagai panduan, berikut tips perawatan anis siberia agar mau bunyi dengan suara kicauannya untuk pancingan.

Tips rawatan anis siberia agar mau bunyi

Anis siberia atau siberian thrush (Zoothera sibrica) adalah burung pendatang yang akan mengunjungi Indonesia ketika daerah asalnya sedang diterpa musim dingin. Sesuai dengan namanya, jenis burung punglor ini berasal dari hutan-hutan di kawasan Siberia, dan pada musim-musim tertentu akan sangat mudah ditemukan di hutan yang ada di beberapa daerah seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Keberadaan anis siberia di pasar burung lokal biasanya akan ramai pada waktu-waktu tertentu terutama di bulan Oktober s/d Desember. Walaupun termasuk burung migran, tapi tak sedikit dari burung pendatang ini yang memilih untuk menetap dan berbiak di hutan-hutan Indonesia. Adapun sebagian akan tertangkap oleh para pemburu yang kemudian menjualnya di pasar-pasar burung beberapa daerah.

Bagi kicaumania, anis siberia sudah lama dikenal sebagai burung piaraan. Walaupun tidak sepopuler anis macan ataupun anis kembang, tapi banyak yang tertarik memeliharanya karena penasaran dengan suara kicauannya. Namun begitu, tak sedikit juga yang mengaku kecewa lantaran burung ini yang tak juga mau berbunyi atau kalau pun berbunyi hanya pada waktu malam hari saja.

Baca juga  Tahap-tahap pertumbuhan anakan lovebird jadi burung dewasa

Perawatan anis siberia agar rajin berbunyi pada dasarnya tidak memerlukan perhatian yang khusus. Selama orang yang merawatnya memberikan asupan pakan yang dibutuhkan secara teratur, maka burung itu pun akan mudah sekali terpancing untuk berbunyi. Selain itu bisa juga didukung dengan memutarkan suara terapi atau suara pancingan yang bisa menjadikannya lebih rajin berbunyi.

Sebagai panduan bagi kicaumania pemula yang tertarik ingin memeliharanya di rumah, berikut adalah tips perawatan harian burung anis siberia agar mau berbunyi:

 

  • Rawatan dimulai pada pagi hari setelah burung dikeluarkan dari dalam rumah/ ruangan untuk diembunkan. Pada saat itulah, ganti air minumnya dengan yang masih bersih dan segar. Jika dibutuhkan tambahkan multivitamin seperti BirdVit yang dicampurkan bersama air minumnya tersebut. Berikan pula satu sendok teh kroto ke dalam cepuk terpisah.
  • Setelah matahari terbit, mandikan burung dengan cara disemprot halus menggunakan hand sprayer / semprotan mandinya.
  • Setelah itu angin-anginkan burung sambil diberikan pakan tambahan berupa cacing tanah sebanyak 2 – 3 ekor dan jangkrik sebanyak 2 ekor. Setelah itu, jemur burung di bawah sinar matahari selama kurang lebih 1 jam.
  • Selesai dijemur, gantung sangkarnya di tempat sejuk lalu berikan pakan tambahan lainnya yang berupa buah-buahan manis seperti beri, pisang, kersen / ceri, dsb.
  • Selama berada di tempat tersebut, putarkan suara terapi maupun suara pancingannya untuk memancing burung mau mengeluarkan suara kicauannya.
  • Selama berada di tempat sejuka tersebut, anda bisa memutarkan suara terapi maupun suara pancingan yang bisa memancing burung mau mengeluarkan suara kicauannya.
  • Pada sore harinya, burung anis siberia tersebut kembali diberikan pakan tambahan berupa 2 ekor jangkrik dan 1 ekor cacing tanah.
  • Pada malam harinya, sangkar diberikan kerodong untuk menghilangkan kebiasaan burung berbunyi di malam hari.
Baca juga  Membuat tempat pakan anti tumpah dan anti berceceran

Jika pola rawatan di atas dilakukan secara rutin dan teratur, maka burung anis siberia yang anda piara tersebut akan menjadi lebih rajin berbunyi dan mempunyai suara yang lebih bervariasi. Untuk membantu perawatannya, berikut beberapa suara kicauan burung anis siberia yang dapat anda putarkan sebagai pemancing bunyi:

Suara kicauan anis siberia variasi 1 | DOWNLOAD

Suara kicauan anis siberia variasi 2 | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*