Pesona burung-madu jawa

Burung-madu jawa atau Javan sunbirds (Aethopyga mystacalis) dikenal juga dalam beberapa nama daerah seperti Sesep madu (Sunda), klaces, madu merah, plisi kembang (Jawa), dan jantungan merah. Burung mungil ini mempunyai warna bulu yang memesona sehingga menarik perhatian banyak orang untuk mengamatinya. 

Burung-madu Jawa jantan ( Foto HBW/Wahyu W. Basjir

Burung-madu jawa mempunyai tubuh berukuran kecil, yaitu sekitar 12 cm termasuk ekornya yang panjang. Tubuhnya berwarna merah terang dan warna merah tersebut umumnya hanya dipunyai oleh burung jantan. Mahkota, strip malar, dan ekor yang panjang berwarna ungu gelap mengkilap. Kepala, dada, dan punggung merah padam, tunggir merah muda, sayap zaitun, dan perut berwarna abu-abu muda. 

Baca juga  Burung takur ungkut-ungkut yang berperilaku mirip pelatuk

Mirip seperti burung-madu sepah-raja, namun yang membedakan adalah dahinya yang merah, ekor yang lebih panjang, dan bagian perut yang putih. Burung betina mempunyai penampilan yang lebih kecil dengan bulu berwarna abu-abu zaitun yang kusam. Iris coklat tua, paruh dan kaki berwarna coklat. 

Burung-madu jawa adalah burung endemik di Pulau Jawa. Habitatnya berada di tepian hutan dan hutan hingga ketinggian 1.600 mdpl. Hidup berpasangan dan banyak beraktivitas pada tajuk pohon teratas, dan sering pula mengunjungi bunga benalu. 

Pesona burung-madu jawa

Makanan utama burung-madu jawa adalah nektar, bunga, biji-bijian, serangga-serangga kecil dan laba-laba. Pada waktu berbiak, mereka akan membangun sarang yang menggantung seperti burung-madu lainnya dengan telur berjumlah 1-2 butir yang berwarna coklat berbintik putih. Musim kawin tercatat pada bulan Mei s/d Maret di Jawa Barat. 

Baca juga  Perbedaan Kacer Jantan dan betina

Meski populasinya masih dianggap belum begitu mengkhawatirkan atau Least Concern (LC), namun semua spesies burung-madu termasuk jenis burung-madu jawa ini adalah jenis burung dilindungi sesuai PP No.7/1999. So, memelihara burung-madu ini tentu bisa dikategorikan sebagai melanggar hukum.  

Salam 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*