Bagi-bagi rawatan lomba ala plecimania

Banyak cara akan dilakukan kicaumania agar pleci peliharaannya bisa tampil lebih maksimal pada saat dilombakan. Perawatan yang teratur didukung dengan pemberian pakan yang tepat bisa mendongkrak stamina pleci sehingga memiliki penampilan yang memukau. Salah satunya adalah tips perawatan lomba ala plecimania berikut ini. 

Tips yang akan SuperKicau sajikan kali ini adalah perawatan yang dikhususkan untuk burung pleci yang kerap dlombakan atau yang sudah mapan dan bukan untuk pleci yang masih bahan / bakalan. 

Namun begitu, tidak ada salahnya juga untuk mencobanya pada burung pleci rawatan lama yang tidak pernah tampil maksimal ketika dilombakan. 

Bagi-bagi rawatan lomba ala plecimania: 
Malam sebelum lomba
Malam hari sebelum dilombakan, pleci tersebut dimandikan (mandi malam) dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau semprotan mandinya. 
Setelah itu, burung diangin-anginkan di tempat terang selama kurang lebih 1 jam. Pada saat itu juga pleci diberikan pakan berupa 2 sendok teh kroto dan 3 ekor ulat hongkong putih. Setelah diangin-anginkan, sangkarnya diberikan kerodong dan dibiarkan sampai pagi hari. 
Pagi hari sebelum dibawa ke lapangan 
Pada pagi harinya, pleci kembali dimandikan dengan menggunakan sprayer, setelah itu diangin-anginkan sambil diberikan pakan berupa 2 sendok teh kroto dan 3 ekor ulat hongkong. 
Di lapangan 
Sebelum burung akan digantang, buka kerodongnya selama 15-30 menit lalu biarkan pleci tersebut berbunyi sepuasnya, setelah itu sangkar kembali dikerodong. Sedangkan pengecasan dengan pleci lainnya sebaiknya dilakukan 15 – 10 menit sebelum burung akan digantang. 
Sekitar 5 menit menjelang masuk gantangan, bersihkan alas sangkar dari sisa-sisa makanan yang berceceran, misalnya butran kroto, ulat, dan sebagainya.  Jangan lupa, angkat juga cepuk pakan dan minumnya. 
Setelah burung tersebut bermain selama 2 sesi, mandikan kembali dengan cara disemprot dalam waktu 1 jam sebelum turun lomba ke sesi berikutnya. 
Perawatan harian 
Adapun untuk perawatan harian pleci tersebut, sebaiknya tidak lepas dari pemberian mandi semprot pada pagi, sore, dan malam hari dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. 
Selain itu, penjemuran pun harus rutin dilakukan selama 15 – 30 menit saja. 
Kebutuhan pakan terutama pakan tambahan seperti buah-buahan yang segar (pepaya/sawo/pisang/jeruk/dll)  harus selalu tersedia. Begitu pula dengan pakan serangganya seperti kroto segar yang diberikan sebanyak 2 sendok teh, dan 3 – 6 butr ulat hongkong yang berwarna putih setiap harinya. 
Demikian bagi-bagi rawatan lomba ala plecimania. 
Semoga bermanfaat

Baca juga  Daftar Top 9 buku burung kicauan yang wajib anda miliki

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*