Burung srigunting, si penipu ulung di dunia satwa

Srigunting dengan ekornya yang bercabang menjadi spesies burung yang paling menyita perhatian para peneliti di dunia. Salah satunya adalah jenis srigunting yang ditemukan hidup dan berhabitat di Afrika. Jenis burung srigunting ini dianggap sebagai yang paling cerdik sekaligus penipu ulung di dunia satwa. 

Burung srigunting, si penipu ulung di dunia satwa


Para peneliti menggambarkan bagaimana burung yang berukuran sedang itu mampu memperdaya satwa lain dengan menirukan tanda bahaya dari sejumlah spesies burung predator, termasuk meerkat. 

Saat melakukan aksinya, burung srigunting itu akan menirukan suara predator yang seolah-olah mendekat supaya korbannya takut dan pergi, dengan begitu ia bisa mencuri makanan yang ditinggalkan. 

Dalam penelitiannya itu, para ilmuwan melacak sedikitnya 64 ekor burung srigunting berekor cabang selama hampir 850 jam di Gurun Kalahari, Afrika Selatan untuk mengungkap perilaku unik dari burung-burung tersebut.

Baca juga  Tanda-tanda burung parkit siap bertelur

“Mereka seperti burung iblis hitam bermata merah, yang punya paruh berkait dan ekor bercabang,” kata Tom Flower, seorang ahli evolusi dari University of Cape Town, Afrika Selatan. 

“Mereka juga sangat agresif dan terkenal suka menyerang elang dan rajawali yang melintas wilayahnya,” lanjur FLower, yang hasil penelitiannya itu telah dipublikasikan di jurnal Science.

Secara umum, burung srigunting mencari makanan dengan menangkap serangga di udara, dengan menggunakan keahlian luar biasa mereka. Namun di lain waktu, ketika hanya sedikit serangga yang ditemukan, mereka akan mengeluarkan tipu dayanya itu. 

Srigunting terkenal sebagai jenis burung yang ahli meniru beragam jenis suara burung, termasuk juga suara binatang lain.  

Baca juga  Mengetahui kondisi pleci dengan mengamati bentuk kotorannya

Salam kicau!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*