Anis siberia, burung migran yang susah bunyi

Anis siberia (Zoothera sibrica) merupakan jenis burung dari keluarga Turdidae dan bukan termasuk jenis yang umum tersebar di Indonesia. 

Keberadaan spesies anis siberia di dalam wilayah Indonesia adalah sebagai burung pengunjung yang datang ketika tempat asal mereka diterpa musim dingin.

Anis siberia adalah jenis burung yang umum berkembangbiak di hutan-hutan pinus Siberia dan ketika musim dingin tiba, mereka mulai melakukan migrasinya ke daerah tropis di Asia Tenggara, termasuk mengunjungi Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

cara merawat anis siberia

Jenis burung ini mempunyai ukuran tubuh sedang dengan panjang mencapai 23 cm. Burung ini cukup menarik perhatian para kicaumania untuk mencoba memeliharanya, meskipun sebenarnya untuk membuatnya berbunyi itu sangatlah susah. 

Baca juga  Suara pleci ngalas ngerol untuk masteran dan memancing bunyi

Burung jantan dan betina bisa dibedakan dari warna dan penampilan bulunya. Jantan umumnya memiliki tubuh berwarna biru gelap dengan alis putih yang tampak mencolok, sedangkan burung betina rata-rata memiliki tubuh berwarna kecoklatan dengan alis putih. 

Perbedaan jantan dan betina burung anis siberia
Perbedaan jantan dan betina burung anis siberia

Habitat dan perilaku 

Habitat burung anis siberia adalah hutan-hutan pinus yang rapat, mereka akan bersarang pada pohon dan semak yang mempunyai tajuk rapat untuk mencegah kedatangan hewan pemangsa yang akan mencuri dan memakan telurnya.
Di lokasi migrasinya, mereka umumnya akan beristirahat dan mencari makan di daerah hutan-hutan yang jauh dari gangguan manusia. Sering turun ke lapisan tanah untuk mengais dedaunan mencari keberadaan cacing-cacing tanah dan serangga makanannya. 

Baca juga  Sulawesi streaked flycatcher, spesies burung baru di Indonesia

Berikut ini suara dari anis siberia 


Salam kicau

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*