Manfaat daun lidah buaya untuk burung peliharaan

Tanaman herbal telah lama dikenal dalam dunia pengobatan selama berabad-abad. Bahkan metode pengobatan ini tidak hanya digunakan untuk manusia saja, hewan peliharaan seperti burung dan unggas pun sering diberikan pengobatan dengan menggunakan tanaman herbal. Salah satu tanaman yang sudah terkenal akan khasiat dan manfaatnya bagi burung peliharaan adalah lidah buaya atau aloe vera. Berikut manfaat daun lidah buaya untuk burung peliharaan.

Manfaat daun lidah buaya untuk burung peliharaan


Aloe vera atau lidah buaya, tanaman populer ini banyak mengandung air, polsaccharides, asam amino, lipid, sterol dan enzim. Gel yang terdapa dalam daun tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati luka luar seperti luka bakar dan radang kulit. 

Sebuah studi menyebutkan bahwa gel ini mampu mempercepat penyembuhan luka, serta memiliki efek anti inflamasi dan analgesik oleh karena suatu kandungan yang mirip salisilat. Manfaat lidah buaya ini pun bisa digunakan untuk menyembuhkan alergi, eksim, abses, infeksi jamur serta dermititis pada mahluk hidup. 

Baca juga  Mencegah dan mengobati bengkak pada kaki kenari (bumble foot / bubulan )

Acemannan merupakan sumber karbohidrat utama dari gel ini, sifat terapinya meliputi percepatan penyembuhan luka, penghambat peradangan dan memiliki efek antivirus. dan sudah terbukti juga memiliki aktivitas antitumor. Acemannan ini terlah terbukti efektif membantu dalam vaksinasi ayam terhadap beberapa penyakit virus seperti flu burung.

Lidah buaya juga sering digunakan untuk menjaga suhu air dalam akuarium.
Digunakan di Timur tengah dan mesir pada awal 1500 SM sebagai obat untuk berbagai penyakit dan jusnya juga sering digunakan sebagai obat pencahar yang efektif.

Pemakaian untuk burung peliharaan bisa langsung digunakan dengan cara daun lidah buata tersebut dipotong memanjang dan gelnya digunakan untuk mengobati burung seperti kaki yang luka, luka bakar, infeksi radang, dermatitis atau infeksi jamur. 

Baca juga  Mengupas perilaku burung yang gemar mencabuti bulunya sendiri

Selain itu kandungan yang terdapat dalam gel ini bisa menjadi penawar rasa sakit ( memberi efek menenangkan bagi burung ) jadi efeknya bisa langsung terasa saat itu juga.

Selain untuk mengobati beragam masalah dan penyakit pada burung peliharaan, gel yang terdapat pada daun lidah buaya ini bisa digunakan untuk mengatasi burung yang alami kebotakan atau bulu yang tidak tumbuh. Oleskan cairan gel dari lidah buaya ini pada bagian kulit burung yang mengalami kebotakan. 

Semoga manfaat dan salam kicau!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*