Melatih mental lovebird sejak masih muda

Lovebird yang mempunyai mental jawara tentu tidak bisa didapatkan secara instan, butuh waktu dan perawatan agar burung bisa tampil maksimal dan tetap stabil dengan kemampuannya itu.  

Melatih agar lovebird memiliki mental jawara bisa dilakukan sejak burung masih muda, karena pada saat-saat itulah karakter dan mentalnya bisa dibentuk. 

Melatih mental lovebird sejak masih muda


Namun, tentu saja keberhasilan dari pelatihannya itu tergantung pada perawatan dan individu burungnya sendiri, karena ada burung yang cepat terlatih lantaran memiliki gen yang menurun dari indukannya yang berkualitas. Meski begitu, tidak berarti lovebird keturunan indukan biasa tidak bakal bisa jadi jawara, justru semua itu sangat tergantung pada pola perawatan yang rutin dan konsisten, serta pelatihan yang diterapkan kepadanya.  

Baca juga  Perilaku mengerikan si burung imut great tit

Melatih mental lovebird sejak usia muda bisa dilakukan dengan beberapa macam cara, di antaranya adalah sering membawanya ke arena lomba, namun tidak untuk dilombakan melainkan hanya digantung dari lokasi yang cukup jauh dari tempat perlombaan berlangsung. Tidak perlu melihat sesama burung cukup mendengarkan suaranya saja, karena di sini kita akan melatih mental mereka agar berani dan tidak kaget ketika mendengar suara lovebird lain yang cukup banyak dan berisik.  

Selain itu, melatih mental juga bisa dilakukan pada waktu berada di lingkungan sekitar rumah, yaitu dengan menggantung mereka di tempat yang ramai dengan posisi sangkar yang tergantung lebih tinggi (di atas kepala). 

Baca juga  Bubut-pacar jambul, burung pengembara yang pemalu

Setiap hari, setelah burung dimandikan dan dijemur, usahakan lokasi gantangannya berpindah-pindah, dengan begitu burung akan menjadi terbiasa berbunyi kapan dan dimanapun. 

Selain dari pelatihan tersebut, perawatan dari segi pakan patut dipertimbangkan terutama untuk burung yang masih berusia muda. Berikan pakan tinggi protein seperti millet putih, jagung manis, tauge atau biji berkecambah, egg food untuk membantu pertumbuhannya, dan kangkung. Semua itu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi sekaligus merangsang mereka cepat rajin berbunyi. 

Salam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*