Elang flores, raptor endemik yang terancam punah

Ada sekitar 71 spesies burung pemangsa atau raptor yang bisa ditemukan di Nusantara, dan 10 spesies di antaranya adalah jenis raptor endemik yang hanya bisa ditemukan di beberapa daerah tertentu di Indonesia, salah satunya adalah elang flores.

elang flores

Elang flores (Nisaetus floris) adalah satu dari dua jenis raptor yang masuk dalam kategori Terancam Punah atau Endangered yang tercatat dalam Daftar Merah IUCN (International Union for Consevation of Nature), sedangkan yang satunya lagi adalah elang jawa. 

Elang flores hanya bisa dijumpai di Pulau Lombok, Sumbawa dan pulau-pulau kecil Satonda dan Rinca, serta di Pulau Flores, Nusa Tenggara. Elang yang mempunyai tubuh bagian bawah berwarna putih ini biasa ditemukan di hutan-hutan dataran rendah dan submontana hingga ketinggian 1.000 mdpl.
Seperti juga beberapa jenis burung pemangsa lainnya, elang flores memburu mangsanya dengan mengintai dari tenggeran, dan pada waktu terbang mereka akan memanfaatkan aliran udara panas (thermal soaring).

Baca juga  Merawat anakan burung liar

Ada beberapa jenis Nisaetus yang dikenal selain elang flores, yaitu elang jawa (Nisaetus bartelesi), elang wallace (Nisaetus nanus), elang brontok, elang gunung (Nisaetus alboniger), dan elang sulawesi (Nisaetus lanceolatus).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*