Ditemukan spesies burung langka di hutan Sulawesi

Sebuah spesies burung baru telah ditemukan di Indonesia, membuktikan bahwa masih ada beberapa burung baru di atas bumi. Pengamatan ini bahkan lebih mengejutkan mengingat spesies “baru” ini pertama kali terlihat di hutan Sulawesi 15 tahun yang lalu.

penemuan burung langka indonesia
credit: irishtimes.com

Sebagaimana dirilis Irish Times, Burung flycatcher bergaris Sulawesi, Muscicapa sodhil, tinggal di dataran rendah hutan pulau itu dan bergabung dengan sejumlah flycatcher serupa di area ekologis ini. Tetapi tidak ada keraguan bahwa ini adalah spesies baru yang memiliki bulu, struktur tubuh, genetika dan nyanyian unik, menurut ilmuwan AS dan Indonesia yang menggambarkan burung ini pada edisi terbaru dari PLoS One.

Pendatang baru sedikit keras karena ia hidup di wilayah Sulawesi yang telah rusak oleh perkebunan kakao. Saat ini flycatcher tidak terancam punah, tapi jelas burung ini terbang menghindari pertemuan dengan manusia selama 15 tahun sejak penampakan pertama.

Baca juga  Burung pandai mempelajari teknik mencari makan dari burung lain

Burung ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1997 oleh J Berton C Harris, yang juga merupakan penulis karya ilmiah yang menjelaskan flycatcher.

“Mengingat 98 persen dari burung di dunia telah berhasil dideskripsikan, maka penemuan spesies baru adalah hal yang cukup langka,” kata Harris, paska doctoral di Princeton University. Tim juga memasukkan peneliti dari Michigan State University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

National Geographic Society memberikan pendanaan bagi ilmuwan untuk terjun lapangan pada tahun 2011 dan 2012, dan kebetulan penemuan itu terjadi di daerah di mana burung flycatcher pertama kali terlihat. Para ilmuwan mendapat semua data yang mereka butuhkan termasuk buku nyanyian berisi cicitan, peluit, dan getaran suara burung.

Baca juga  Cara terbang burung kolibri lebih mirip dengan serangga ketimbang burung

“Kami beruntung dapat membuat rekaman pertama dari nyanyian burung ini,” kata rekan penulis Pam Rasmussen dari Michigan State.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*