Video lyrebird, burung cerdas yang bisa menirukan suara apapun

Lyrebird adalah salah satu burung Australia yang paling terkenal dan dicintai. Burung cerdas ini dengan mudah mampu meniru suara yang dia dengar, dari suara gergaji hingga klakson mobil serta dan semua burung hutan hujan.

Foto lyrebird
Burung lyrebird

Dalam video yang menakjubkan ini, burung satu ini berhasil menampilkan kemampuan vokalnya yang luar biasa, dengan menirukan berbagai suara apapun yang ia dengar. Lyrebird mendengarnya dengan seksama, menyerap semua suara yang ia dengar, lalu menirukannya dengan sempurna.

Lyrebird mampu menghasilkan salah satu nyanyian burung paling rumit di dunia. Laringnya yang kompleks memungkinkannya untuk meniru hingga 20 spesies yang berbeda pada satu waktu. Selain suaranya yang unik ketika menirukan burung lain, lyrebird ini juga kerap terdengar menirukan suara mamalia. Bahkan suara kamera dan mainanpun bisa ia tirukan.

Baca juga  Di Amerika, 340 juta burung tewas karena tabrakan dengan mobil

Lyrebird tidak bisa diam. Ia bisa bernyanyi di sepanjang tahun. Para ahli percaya burung hebat ini menggunakan lagu sebagai mekanisme pertahanan untuk mengintimidasi lawan dan pesain di hutan.

Ada dua jenis lyrebird, yaitu lyrebird luar biasa yang berasal dari Great Dividing Range dan lyrebird Albert, yang terbatas pada area kecil dari hutan hujan subtropis dekat perbatasan Queensland New South Wales.

Berikut video si burung cerdas ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*