Tips perawatan burung belum tentu cocok untuk semua burung: Kasus Eudyptula minor

Banyak tips tentang penangkaran burung atau perawatan burung lomba yang terbukti pas dan membawa keberhasilan pada satu burung, namun ternyata tidak pas diterapkan pada burung lain. Hal inilah yang seringkali menimbulkan kebingungan di kalangan kicaumania. Tak jarang pula hal itu  menimbulkan tuduhan bahwa seseorang telah menyebarkan tips asal-asalan atau lebih celaka lagi dituduh menjerumuskan sesama kicaumania.

Tentu hal itu merupakan tuduhan yang tidak benar. Sebab, sebuah penelitian ilmiah telah menguak fakta:

bahwa tiap individu burung memiliki response yang berbeda terhadap stimulus atau rangsangan yang mereka terima.

Dalam sebuah penelitian mengenai response burung terhadap perubahan iklim misalnya, diketahui bahwa semua burung memang harus mengubah pola dan gaya hidup mereka secara terus menerus mengikuti perubahan iklim tersebut. Pada kondisi seperti itu, kemampuan banyak spesies hewan, termasuk burung, untuk beradaptasi sedang diuji.

Audubon Society, satu kelompok peneliti, menyebutkan hampir setengah dari semua spesies burung Amerika Utara sangat terancam oleh datangnya perubahan iklim. Namun diduga, tidak hanya sebatas itu. Ancaman itu, diduga tak hanya mencakup spesies di Amerika Utara tetapi bisa memiliki efek yang sama pada populasi burung secara global.

Dalam penelitian terhadap kehidupan Eudyptula minor, penguin kecil yang ada di Selandia Baru, terungkap fakta bahwa bahwa kepribadian individual burung menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan peluang kesuksesan burung untuk mengatasi tekanan lingkungan.

Baca juga  Tips menjodohkan pleci agar siap tangkar

Kepribadian pinguin

Penelitian itu memang ditujukan untuk mengetahui bagaimana burung bisa beradaptasi dengan perubahan iklim. Dalam hal ini, peneliti mempelajari perbedaan tingkat kortikosteron hormon stres yang disekresikan penguin ketika terkena stimulus stres.

“Ada variasi individu yang cukup besar dalam respon kortikosteron, dan stimulus yang memulai respon besar di salah satu burung dapat memulai respon kecil pada burung lain,” tulis John Cockrem, salah seorang peneliti, dalam rilis berita.

“Respon kortikosteron dan respon perilaku terhadap rangsangan lingkungan sama-sama ditentukan oleh karakteristik individu yang disebut kepribadian. Burung dengan respon kortikosteron rendah dan kepribadian proaktif cenderung lebih berhasil (memiliki kebugaran yang lebih besar) dalam kondisi konstan atau kondisi yang bisa diprediksi. Sementara burung dengan kepribadian reaktif dan respon kortikosteron yang tinggi akan lebih berhasil dalam kondisi yang berubah atau kondisi yang tak terduga.”

Temuan ini dapat membantu memprediksi adaptasi tidak hanya pada penguin, namun pada spesies burung lainnya. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu para peneliti menargetkan upaya konservasi di masa depan.

Baca juga  Razali Bin Mohamad Habidin, Pria Tuli yang Bisa Berkomunikasi dengan Burung

Dengan demikian, dalam konteks perlakuan terhadap burung rumahan, baik untuk penangkaran maupun untuk burung lomba, sangat bisa dipahami bahwa tips perawatan ataupun perlakuan tertentu yang berhasil pada satu burung, belum tentu berhasil pada burung lain.

Hal itu bisa disebabkan oleh cara penanganan atau perawatan yang diterapakan pada dasaranya tidak benar-benar sama, tetapi bisa juga disebabkan oleh kondisi internal fisik maupun mental masing-masing burung – yang dalam hal ini disebut “kepribadian” — yang sebenarnya memberikan respon berbeda pada stimulan atau rangsangan yang sama.

Untuk ilustrasi mudahnya, meski ada dua burung murai batu yang sama umurnya, sama daerah asalnya, atau bahkan dari induk yang sama, juga sama dalam perawatan hariannya baik soal menu makan maupun penjemuran misalnya, keduanya tidak akan memiliki performa yang sama. Sebab, penelitian atas Eudyptula minor telah menunjukkan bahwa setiap individu burung juga memiliki kondisi mental dan fisik (kepribadian) yang unik, yang tidak sama dengan burung lainnya.

Dengan demikian, bersiaplah menerima tanggung jawab sepenuhnya atas kesuksesan ataupun kegagalan penerapan tips perawatan burung yang diterima dari orang lain, ketika hal itu Anda terapkan pada burung kesayangan Anda.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*