Terapi memberi makan burung sangat bermanfaat untuk para manula

Terapi memberi makan burung sangat bermanfaat untuk para manula – Sebuah artikel di majalah Birding yang terbit lebih dari satu dekade lalu membahas hal yang unik, yakni manfaat terapi memberi makan burung. Artikel itu sebenarnya hanya berfokus pada para penghuni rumah yang hidupnya harus dibantu orang lain, tetapi banyak manfaat untuk orang dari segala usia yang memberi makan burung-burung di pekarangan mereka.

Memberi makan burung

Dalam sebuah survei terhadap administrator panti jompo dan lembaga sejenis, semua sepakat bahwa warga mereka menikmati saat-saat menonton burung dan bahwa itu memiliki efek positif pada semangat mereka. Hampir semua sepakat bahwa memberi makan burung dapat memberikan efek terapi positif. Semua administrator juga sepakat bahwa program pemberian makanan burung baik untuk staf mereka juga.

Baca juga  Istana Burung, Taman Burung yang menjadi ikon wisata di Jateng

Banyak testimonial tentang dampak positif memberi makan burung di institusi mereka. Mereka yang memberi makan burung merasa bahwa mereka memiliki tujuan hidup yang memberikan mereka harga diri. Banyak dari mereka adalah pengasuh keluarga mereka di sepanjang hidup mereka, dan rasa hampa di hati dapat diisi dengan merawat burung.

Terapi ini memberi rasa kesenangan untuk merawat sesuatu pada mereka, terutama mereka yang menderita demensia atau Alzheimer. Membersihkan dan mengisi makanan burung memberikan latihan bagi warga manula yang mungkin kurang motivasi untuk berolahraga sendiri. Kegiatan ini juga membantu mengembangkan keterampilan motorik.

Bahkan gerakan sederhana seperti memecahkan roti menjadi potongan-potongan kecil untuk burung membantu memberikan latihan untuk jari atau tangan kaku. Burung memberikan rangsangan sensorik, baik visual dan audio.

Baca juga  Burung pandai mempelajari teknik mencari makan dari burung lain

Menonton burung dapat memberikan gerakan mata yang lebih baik dan peningkatan penglihatan untuk beberapa orang, seperti penderita stroke. Memberi makan burung di luar jendela dapat membantu merangsang mobilitas visual bagi penderita penyakit mata. Demikian juga, nyanyian burung dapat membantu merangsang indera pendengaran.

Di beberapa rumah jompo, warga didorong untuk duduk di luar dan bernyanyi atau bersiul dengan burung-burung. Ini adalah kegiatan yang menyediakan latihan vokal dan membantu melibatkan mereka dengan alam. Dengan demikian, jelaslah sudah manfaat burung sebagai alat terapi yang efektif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*