Foto dan suara burung tepus tunggir-merah

Burung tepus tunggir merah atau Chestnut-rumped Babbler (Stachyris maculata, Temminck – 1836) adalah burung berukuran agak kecil (17 cm), berwarna coklat-zaitun. Kekang biru terbuka, tunggir berwarna buah berangan terang, tenggorokan hitam. Dahi hitam, penuh dengan coretan putih. Dada hitam burik putih, bergradasi menjadi putih pada perut yang bercoret hitam. Tungging coklat pucat. Terdapat sedikit variasi pada beberapa ras.

 

Tepus tunggir-merah, Kintap, Kalimantan Selatan © Duanaud
Tepus tunggir-merah, Kintap, Kalimantan Selatan © Duanaud

 

Burung ini memiliki iris kuning pucat, paruh hitam, kaki coklat.

Suara burung tepus tunggir-merah:

Burung di Malaysia: suara meledak yang jernih dan nyaring, terdiri atas 5-10 nada dengan kecepatan kira-kira dua nada per detik. Suara kontak: siulan serak bergetar.

Baca juga  Di Amerika, 340 juta burung tewas karena tabrakan dengan mobil

Penyebaran dan ras:

Terdiri dari 3 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • maculata (Temminck, 1836) – Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaysia, Kep. Riau, Sumatera (termasuk P. Bangka) dan Kalimantan.
  • banjakensis Richmond, 1902 – Kep. Banyak, lepas-pantai barat-laut Sumatera.
  • hypopyrrha Oberholser, 1912 – Kep. Batu, lepas-pantai barat Sumatera.

Tempat hidup dan Kebiasaan

Agak lebih umum dijumpai di hutan dataran rendah di bawah ketinggian 800 m. Perilaku khas tepus, mengendap-endap pada tumbuhan bawah di hutan. Dapat dipancing keluar dengan suara “psst”. Memaakan inverteberata, biasanya mencari makan secara berkelompok sampai 18 individu, mengunjungi strata tajuk tengah dan bawah hutan, terutama pada bagian daun dan kulit kayu. Musim berbiak Mar-Apr di Sumatera dan Feb-Sept di Kalimantan. Sarang berbentuk kubah yang tidak rapat tersusun dari dedaunan kering. Sarang biasanya berada di dekat permukaan tanah, diletakkan pada bagian dasar pohon palem atau menggantung dan menjadi satu dengan tumbuhan merambat yang tertimbun seresah daun. Jumlah telur 3 butir.

Baca juga  Hermit thrush, burung kecil dengan nyanyian musikal

Status:

Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)

Perdagangan internasional : –

Perlindungan : –

Foto Biodiversitas Indonesia dari Oriental Bird Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*