Studi terbaru: Setengah dari spesies burung Amerika Utara akan punah

Setengah dari spesies burung di Amerika Utara, dari burung-burung umum seperti Baltimore oriole dan kolibri hingga penghuni padang gurun seperti burung loon dan elang botak, berada di bawah ancaman dari perubahan iklim dan banyak dari mereka terancam punah, menurut sebuah studi baru sebagaimana yang dirilis The Guardian.

Baltimore oriole
credit: http://birds.audubon.org

Penelitian yang berlangsung selama tujuh tahun ini menemukan perubahan iklim merupakan ancaman terbesar bagi spesies burung di Amerika Utara. Sekitar 314 spesies menghadapi ancaman penurunan dramatis dalam populasi jika kecenderungan saat ini terus berlanjut, dengan pemanasan suhu yang mendorong burung-burung keluar dari habitat asli mereka. Sepuluh negara bagian AS dan Washington D.C. bisa kehilangan burung khas mereka.

“Sulit untuk membayangkan bahwa kita tidak akan kehilangan beberapa burung ini secara permanen,” kata Gary Langham, kepala ilmuwan Audubon Society dan pemimpin penelitian.

Baca juga  Marak razia, hindari memelihara burung paruh bengkok yang dilindungi

“Skala gangguan yang kita proyeksikan menyimpulkan bahwa banyak burung yang akrab dengan kita, yang biasanya terlihat di halaman belakang atau di jalan-jalan, kemungkinan akan segera musnah.”

Hasil penelitian ini jauh lebih suram ketimbang sebuah laporan pemerintah AS beberapa tahun yang lalu tentang nasib burung Amerika Utara di bawah perubahan iklim. Laporan itu, yang dirilis pada tahun 2010, menyatakan bahwa burung laut dan burung Arktik adalah yang paling rentan terhadap perubahan iklim.

Para peneliti Audubon menemukan bahwa pada pertengahan abad, 126 dari 588 spesies burung dalam penelitian ini akan kehilangan lebih dari setengah dari habitat tradisional mereka, dan akan segera menurun jumlahnya. Tambahan 188 spesies akan kehilangan habitat mereka pada tahun 2080, menurut penelitian ini.

Baca juga  Banyak burung di Yukon mabuk karena makan buah yang terfermentasi

Maryland akan kehilangan Baltimore oriole, maskot tim bisbolnya serta burung nasional, yang tidak lagi dapat berkembang biak di pertengahan Atlantik. Lousiana akan kehilangan pelikan cokelat. Minnesota akan kehilangan loon, burung nasional, yang takkan mampu bertahan di daratan Amerika Serikat. Idaho, Mississippi, New Hampshire, Nevada, Pennsylvania, Utah, Vermont, dan Washington D.C. juga akan kehilangan burung nasional mereka. Dan masih banyak lagi burung yang akan segera lenyap dari Amerika Utara

Sejumlah pihak menyerukan pengurangan emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim, serta langkah-langkah untuk melestarikan habitat burung dan memberikan kesempatan pada burung untuk bertahan hidup lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*