Ratusan burung pemangsa ditembak dan diracun tahun lalu

Laporan menunjukkan, ratusan burung pemangsa, termasuk elang emas dan elang berekor putih, hen harrier dan red kite, ditembak atau diracun selama tahun 2013. Fakta ini tentu sangat memprihatinkan banyak pihak.

Hen harrier
Hen harrier

Naturalis dan presenter TV, Bill Oddie, mendesak para pemimpin industri untuk membantu membasmi pembunuhan ilegal burung pemangsa setelah laporan tahunan Birdcrime dari RSPB mengungkapkan bahwa ada 164 laporan penembakan dan pemusnahan burung pemangsa di tahun 2013.

Ada juga 74 kasus peracunan, ungkap laporan itu, tapi RSPB memperingatkan bahwa kasus yang dilaporkan diyakini hanya mewakili sebagian kecil dari penganiayaan ilegal burung.

Kasus-kasus tersebut meliputi penembakan 2 hen harrier, 2 harrier rawa, 5 peregrine, dan 28 elang. Kasus peracunan meliputi 30 elang, 20 red kite, seekor elang emas dan seekor elang ekor putih.

Baca juga  Mengejutkan, burung swainson's warbler sang penyanyi langka, ditemukan di habitat baru

Di Inggris ada total 213 kasus pembunuhan burung pemangsa, meliputi 82 di Inggris utara, sementara di Skotlandia ada 67 kasus, di Wales ada 37 kasus, dan di Irlandia Utara ada 21 kasus.

Oddie, wakil presiden dari RSPB, mengatakan, “Tahun demi tahun laporan Birdcrime menunjukkan bahwa penganiayaan ilegal burung pemangsa ini masih menjadi masalah besar di Inggris.

“Ini adalah topik yang membuat saya merasa marah karena pembunuhan terus berjalan. Kita kehilangan ratusan burung yang paling megah setiap tahun karena pembantaian ceroboh dan tidak masuk akal oleh kelompok minoritas, dan ini perlu dihentikan.”

Martin Harper, direktur konservasi RSPB, mengatakan, “Kesempatan kita untuk melihat burung-burung yang indah dirampok oleh penganiayaan ilegal.”

Baca juga  Foto dan suara burung tepus tunggir-merah

Semua pihak berharap hukuman yang berat harus diberikan pada para pelaku penembakan burung. Selain denda dan hukuman, penarikan ijin menembak juga perlu diberikan agar para pelaku penembakan burung ilegal bisa dibikin jera.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*