Mengejutkan, burung swainson’s warbler sang penyanyi langka, ditemukan di habitat baru

Burung Swainson’s warbler (Limnothlypis swainsonii) adalah salah satu burung penyanyi paling langka dan paling misterius di Amerika Utara. Burung ini sangat dinanti para pengamat burung di Amerika Serikat bagian tenggara yang berharap bisa melihatnya sekilas di dalam alam liar atau mendengar suaranya yang indah.

Burung Swainson’s warbler
Burung Swainson’s warbler

 

Dengan hanya sekitar 90.000 individu yang tersebar di 15 negara bagian AS, Swainson’s warbler merupakan spesies yang memerlukan perhatian konservasi tingkat tinggi. Selama puluhan tahun burung ini membuat para konservasionis kurang yakni tentang jumlah populasi mereka di masa depan.

Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam Bird Conservation International edisi 30 Oktober oleh Smithsonian’s National Museum of Natural History, ilmuwan Gary Graves mengungkapkan bahwa populasi Swainson’s warbler semakin meningkat di habitat baru yang secara mengejutkan kebanyakan ditemukan di lahan pribadi, yakni perkebunan pinus di lahan seluas hampir 16 juta hektar di dataran pesisir dari timur Texas ke tenggara Virginia.

Baca juga  Burung pipit, jalak, branjangan dan burung umum lainnya mulai langka di Eropa

Studi ini mengumpulkan data dari 20 tahun studi lapangan dan menunjukkan bahwa jika kecenderungan ini terus berlanjut, hutan yang dikelola sebagai perkebunan pinus rotasi pendek ini akan mendukung sebagian besar populasi jenis Swainson’s warbler pada akhir abad ke-21.

“Swainson’s warbler menjadi kisah sukses konservasi di habitat yang pernah dikhawatirkan menjadi padang pasir biologis,” kata Graves, kurator burung di Departemen Zoologi Vertebrata. “Ini adalah contoh utama bagaimana pengelolaan lahan hutan intensif untuk keperluan industri dapat memiliki dampak langsung terhadap populasi burung dengan cara yang positif.”

Kelangkaan intensif telah lama dikaitkan dengan kesukaan burung ini pada habitat daerah pertanian besar yang dipenuhi tumbuhan di Amerika Serikat bagian tenggara dan saat penghabisan musim dingin di cekungan Karibia. Namun, penelitian baru pada 1990-an mengungkapkan bahwa warbler dapat ditemukan dalam spektrum habitat yang luas, termasuk perkebunan pinus loblolly muda di kawasan timur Texas.

Baca juga  Asal-usul burung kicauan

Swainson’s warbler adalah burung kecil berwarna olive-coklat dengan bagian tubuh bawah berwarna putih kekuningan dan berukuran sekitar 5,5 inci. Menggunakan paruhnya untuk mencari makan di lantai hutan, ia membalik daun dan memangsa serangga yang hidup di bawahnya. Warbler dikenal karena suaranya yang keras dan khas, serta perilaku rahasianya. Meskipun ukurannya kecil, Swainson’s warbler jantan menguasai wilayah besar yang berukuran 3-18 hektar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*