Kenapa burung suka bertengger di kabel listrik? Ini penjelasannya

Mungkin ini adalah sesuatu yang sering Anda perhatikan, yaitu burung yang nangkring berbaris di kabel listrik. Christine George dan Mike Hamby dari KSDK.com mencari tahu alasannya. Dan Heidi Glaus dari NewsChannel 5 menjawab pertanyaan ini.

Jalak nongkrong di kabel
credit: photos-for-you.com

“Kami memiliki sekitar 200 burung di sini dan mencakup sekitar 35 spesies,” kata Jeffrey Mesakh, direktur World Bird Sanctuary, menyebut lahan seluas 305 hektar milik lembaga itu.

Di World Bird Sanctuary, kita bisa menemukan semua jenis burung tetapi sebagian besar burung akan terlihat bertengger di kabel listrik. Dan di tahun ini, jalak sering melakukannya.

“Jadi jalak-jalak ini bergerak ke sekitar sini dan mereka berusaha untuk menemukan apapun yang dapat mereka makan, seperti buah dan biji, di sepanjang tahun ini, kadang-kadang mereka juga menangkap serangga jika bisa,” kata Mesakh.

Baca juga  Mengejutkan, burung swainson's warbler sang penyanyi langka, ditemukan di habitat baru

Mereka sangat menyukai berry yang tumbuh di tanaman honeysuckle Asia. Tetapi kabel listrik juga membuat mereka bisa mengawasi burung predator.

“Ada burung predator pemangsa seperti elang Cooper misalnya yang hidup dengan memangsa burung lain. Jadi banyak burung yang mengawasi elang Cooper datang dari berbagai sudut sehingga memudahkan mereka untuk menyelamatkan diri,” kata Mesakh.

Meskipun mereka semua menghadap ke arah yang sama, tapi ada juga alasan untuk itu.

“Itu karena angin. Mereka tidak ingin bulu mereka diacak-acak angin dengan cara yang salah,” kata Mesakh. “Jadi, ketika bulu mereka sedang ditiup ke arah yang salah, mereka tidak suka itu, itu tidak nyaman bagi mereka sehingga mereka mengikuti arah angin.”

Baca juga  Foto dan suara burung tepus pipi perak

Dan tidak perlu khawatir. Mereka tidak akan tersengat listrik karena kedua kakinya berada di kawat. Tapi hal itu bisa saja berubah jika satu kaki burung menyentuh sesuatu yang lain. Itulah sebabnya mengapa kabel listrik ramah bagi burung-burung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*