Burung stonechat

Jumlah burung darat Skotlandia terus menurun karena cuaca dan penyakit

Lagi-lagi ada kabar buruk tentang burung. Kali ini, dilaporkan Herald Scotland bahwa semakin banyak burung darat Skotlandia yang menurun jumlahnya sejak pertengahan tahun 2000-an, menurut statistik terbaru. Ada penurunan yang signifikan dalam jumlah burung stonechat, buzzard, greenfinch, dan jackdaw pada khususnya.

Burung stonechat
Burung stonechat
credit: birdforum.net

Penelitian baru pada burung tangkaran terestrial juga menyoroti penurunan sejak tahun 1994 pada burung kestrel, skylark, capercaillie, dan lapwing. Faktor-faktor penurunan ini meliputi penyakit, musim dingin yang parah, kekurangan serangga, pertanian yang buruk dan -untuk burung swift- kurangnya bangunan yang cocok untuk sarang mereka.

Beberapa spesies telah meningkat jumlahnya, menurut laporan Index of Abundance for Scottish Terrestrial Breeding Birds 1994-2013. Burung-burung itu termasuk chiffchaff, cuckoo, gagak dan burung gereja. Kenaikan populasi burung golden plover telah dikaitkan dengan melimpahnya jumlah dalam larva ayak-ayak.

Selama tahun lalu indeks lahan pertanian, hutan, dan spesies mengalami penurunan sebesar 10 persen. Penurunan ini mungkin sebagian disebabkan oleh kondisi cuaca pada tahun 2012 yang mengakibatkan musim kawin buruk dan mengakibatkan sedikitnya burung dewasa yang berkembang biak di tahun 2013.

Ahli ornitologi SNH Andy Douse mengatakan, “Indikasi awal adalah bahwa musim pembiakan 2014 lebih baik bagi beberapa spesies yang (sebelumnya) telah menunjukkan pola penangkaran dengan tingkat keberhasilan rendah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *