Foto dan Suara Burung Tepus Kaban

Black-throated Babbler
Stachyris nigricollis (Temminck, 1836)

Tepus kaban © Karen Phillipps

Deskripsi
Berukuran agak kecil (16 cm), berwarna coklat berangan. Kepala kehitaman, strip malar dan garis di belakang mata putih mencolok. Mahkota abu-abu gelap bercoretkan putih, kerongkongan dibatasi burik putih, perut abu-abu. Perbedaan dengan Tepus Telinga-putih: ada strip malar dan tanpa warna keputih-putihan pada dahi.
Iris merah tua, paruh hitam dengan dasar pucat, kaki kehitaman.

Suara
Suara kontak dan tanda bahaya terdiri atas ocehan resik serak yang membentak-bentak. Nyanyian sederhana terdiri dari satu atau dua nada siulan rendah perlahan, diikuti 10-26 nada cepat. Juga nada merdu terpisah merata “hu-hu-hu…” yang bernada sama.
http://www.xeno-canto.org/90759/embed”

Penyebaran dan ras
Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Burung penetap yang umum di beberapa tempat di Sumatera dan Kalimantan, pada tumbuhan bawah di hutan dataran rendah yang lembab sampai ketinggian 1000 m (jarang sampai ketinggian 1400 m). Hidup dalam kelompok keluarga, mengendap-endap dekat permukaan tanah pada tumbuhan bawah yang rapat di hutan gelap, sering dekat aliran air. Memakan inverteberata. Musim berbiak Mei-Jul di Asia Tenggara dan Apr-Ags di Kalimantan. Sarang berbentuk kubah dengan bagian atas yang agak terbuka tersusun dari dedaunan kering dan serat tumbuhan, sarang biasanya terletak di permukaan tanah atau dibagian bawah semak yang lebat. Jumlah telur 3 butir berwarna hitam. Menjadi objek parasit sarang oleh Kangkok hodgson.

Status
Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)
Perdagangan internasional :
Perlindungan : 

Galeri
Foto Biodiversitas Indonesia
Oriental Bird Image