Dua burung langka Little Bunting dan Serin ditemukan di Jersey

Ada kabar menggembirakan bagi para pecinta burung sekaligus pecinta satwa liar yang langka. Baru-baru ini, sekelompok pecinta binatang di Jersey telah menemukan dua ‘pengunjung kecil’ yang jarang terlihat ke pulau saat mereka mengamati kehidupan burung selama dua minggu terakhir.

Burung Little Bunting. Credit: Romano Da Costa
Burung Little Bunting. Credit: Romano Da Costa

Sebagaimana dikabarkan itv.com, dua tamu kecil itu adalah burung Little Bunting dan Serin yang ditemukan oleh ahli ornitologi di lahan konservasi yang dijadikan habitat burung-burung yang terancam punah.

Burung Serin. Credit: Romano Da Costa
Burung Serin. Credit: Romano Da Costa

Kedua spesies itu kemungkinan berkembang biak di Jersey jika mereka menemukan kondisi yang tepat. Pencinta alam setempat berharap mereka suatu saat bisa menjadikan Jersey sebagai rumah permanen mereka.

Burung Little Bunting biasanya ditemukan di ujung utara-timur Eropa dan utara Asia dan biasanya saat musim dingin di India dan China. Sedangkan burung Serin adalah spesies burung pipit terkecil yang ditemukan di Eropa. Mereka terutama ditemukan di Mediterania, dan hanya ada satu atau dua pasang yang diternakkan di seluruh Kepulauan Inggris.

Para peneliti kelompok konservasi Birds On The Edge mengatakan bahwa mereka terkejut saat menemukan burung-burung ini dalam jumlah yang cukup melimpah. Sejauh ini, mereka telah berhasil menangkap dan mendata 342 burung, termasuk burung Chaffinch, Linnet, Goldfinch, Greenfinch dan Songthrush.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *