Burung menabrak mobil

Di Amerika, 340 juta burung tewas karena tabrakan dengan mobil

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tabrakan burung dengan mobil dan truk telah menewaskan sebanyak 340 juta burung di jalan-jalan AS setiap tahun -angka yang jauh lebih tinggi daripada kematian burung dari berbagai aktivitas manusia lainnya.

Burung menabrak mobil
credit: dailymail.co.uk

Pemburu ‘hanya’ menewaskan 19 juta bebek dan angsa AS pada tahun 2012, menurut statistik federal, dan ¼ juta untuk ½ juta burung mati setiap tahun setelah menghantam turbin angin. Di antara penyebab kematian yang terkait dengan manusia, hanya kucing dan tabrakan dengan bangunan yang menyebabkan kematian burung lebih banyak dari kematian lalu lintas, kata penelitian itu.

Untuk menyusun estimasi nasional burung yang tewas di jalan, penulis studi tersebut mengekstrapolasi 13 survei skala kecil burung yang mati setelah ditabrak kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89 sampai 340 juta burung mengalami luka fatal dari tabrakan dengan kendaraan setiap tahunnya. Penelitian sebelumnya menunjukkan kematian burung dari tabrakan dengan kendaraan ada di angka 60 sampai 80 juta.

Studi baru ini adalah “analisis yang paling komprehensif … sampai saat ini,” kata ahli statistik Wally Erickson dari Western Ecosystems Technology, sebuah kelompok konsultan lingkungan, melalui e-mail. Angka-angka itu menunjukkan bahwa lalu lintas adalah salah satu pembunuh terbesar burung yang berkaitan dengan manusia, katanya.

Batas kecepatan yang lebih tinggi, jalan yang lebih lebar, dan populasi burung yang tinggi dapat membuat beberapa jalan raya sangat mematikan, kata penulis studi Scott Loss dari Oklahoma State University, yang bekerja dengan para ilmuwan dari U.S. Fish and Wildlife Service dan Smithsonian Migratory Bird Center.

Menurut sebuah studi yang diandalkan Loss dan rekan-rekannya, sekitar 500 burung tewas dalam setahun pada jalan raya sepanjang dua mil yang melalui suaka margasatwa Florida. Banyak yang tewas kemungkinan besar adalah burung pipit kecil atau warbler yang tak dilihat pengemudi.

“Setiap orang yang menghabiskan waktu yang signifikan di dalam mobil kemungkinan pernah menabrak burung,” kata Loss, sambil mengakui bahwa ia pernah melakukannya sendiri dan kejadiannya “seperti batu menghantam jendela.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *