Ciri anis kembang jantan trotolan dan perawatanannya ala Heri GatBF

Ciri-ciri burung anis kembang jantan dan betina, sebelumnya tekah dibahas pada artikel sebelumnya, yakni Ciri-ciri anis kembang jantan betina, dewasa dan trotolan. Di bawah ini adalah ciri trotolan jantan menurut penangkar burung dari Salatiga, Heri GatBF.

  1. Prediksi katuranganggan: kalau jantan seperti yang sering dikatakan dalam teori (bodi panjang langsing, kepala kotak, mata besar [walau tidak selalu], sayap panjang mengapit ke ekor, rahang besar, ada jabang jelas, wajah sangar dll). Ini punkalau sudah nangkring dan burung mulai mandiri.
  2. Diamati progresnya: terutama riwikan dan perkembangan katuranggan. Jantan selalu meningkat riwikannya seiring dengan pertambahan usia, (riwikannya panjang, durasinya lama, tidak pandang bulu sepi atau ramai tetep ngeriwik, intensitasnya sering). Berdasar perkembangan katuranggan, kalau jantan seringnya lebih singset ketimbang betina. Hanya itu memang teorinya.
Foto burung Heri Gatbf Salatiga (Sumber: Facebook)
Foto burung Heri Gatbf Salatiga (Sumber: Facebook)

Kalau sudah mendapatkan dua hal itu dipastikan trotol jantan. Arftinya, tinggal dirawat dengan baik dan dengan senang hati, penuhi gizinya (jatah ekstra foodingnya dan jatah vornya jangan berlebihan jangan pula kurang, artinya sedang-sedang saja), tepatkan mandi jemurnya; jangan lupa dikondisikan mentalnya.

Jaga pula mood trotolan supaya dari kecil dia selalu merasa senang. misalnya jauhkan dari burung-burung besar yang gacor; jangan dijemur terlalu lama; tempatkan di ruangan yang tenang sejuk; sirkulasi udara yang baik.

Untuk trotol belum perlu krodong, cuma kalau memang dilakukan sekali-sekali saja kalau malam hari. Usahakan jam tidurnya juga cukup sehingga burung akan selalu fit dan tidak boring.

Jika hal itu dilakukan, dipastikan burung akan makin rajin ngeriwik.

Informasi lain burung anis kembang:

[display-posts tag=”burung-anis-kembang” posts_per_page=”20″]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *