Burung toowa cemerlang – foto dan suara burung

Burung toowa cemerlang bisa dideskripsikan sebagai burung besar (33 cm). Burung jantan lebih besar dari burung betina, tampak gelap dengan paruh panjang, ekor pendek dengan sayap membulat dan mengeluarkan suara desiran saat terbang. Tubuh bagian atas burung betina berwarna kayu-manis, memiliki alis dan kumis pucat, iris gelap, dan tubuh bagian bawah berpalang, serta paruh yang panjang.

Magnificent Riflebird – Ptiloris magnificus (Vieillot, 1819) Sinonim: Craspedophora magnifica

 

Burung toowa cemerlang
Burung toowa cemerlang

Mirip jenis-jenis Manukodia, bedanya Manukodia nampak lebih ramping dan memiliki ekor yang panjang.

Mirip Parotia jantan, bedanya Parotia jantan memiliki paruh lebih pendek dan kepala lebih besar.

Mirip Cendrawasih kerah jantan, bedannya ukuran Cendrawasih kerah jantan lebih kecil dan lebih ramping. Selain itu Cendrawasih kerah hidup di dataran yang lebih tinggi.

Mirip dengan Cendrawasih mati-kawat, bedanya burung Cendrawasih mati-kawat betina memiliki tudung hitam, dengan sayap merah-karat kelam dan kaki merah-jambu. Sayap Cendrawasih mati-kawat jantan berdesis keras, bukan berdesir, saat digunakan untuk terbang.

Baca juga  Foto-foto dan video burung anis kembang Zoothera interpres

Suara

Dua populasi memiliki kicauan yang berbeda.

Populasi burung toowa cemerlang di bagian timur Sepik/Ramu (di utara) dan Kikori/Purari (di selatan) berkicau “uRAUow-urauow” dengan keras seperti mengerang dan menggeram dengan nada bagian pertama lebih tinggi dan lebih keras. Kadang juga disuarakan dalam tiga nada atau lebih.

Populasi di bagian barat berkicau “woiiieet – woit” dengan keras, mengalir dalam sepasang nada (atau tiga sampai lima nada) yang menaik. Nada bagian pertama jernih dan memiliki jangkauan lebih besar. Kicauannya mirip kicauan Paruh-sabit Kurikuri, namun dilantunkan dengan lebih lambat.

Persebaran dan ras

Dataran rendah dan perbukitan di Pulau Papua dan Australia timur laut.

Terdiri atas 3 sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • magnificus ( Vieillot, 1819): Pulau Papua bagian tengah dan barat dari di sebelah timur dari Vogelkop sampai wilayah Wewak di utara dan sampai sungai Purari di selatan.
  • intercedens (Sharpe, 1882): Pulau Papua bagian timur sampai tenggara dari sekitar Wanuma (Pegunungan Adelbert).
  • alberti (Elliot, 1871): Pulau Albany dan terpencar di sekitar semenanjung Cape York (di sebelah selatan sampai wilayah Weipa di sebelah barat pantai dan sampai wilayah sungai Rocky di McIlwraith Range di timur), di Australia timur laut.
Baca juga  Perilaku aneh burung-burung Australia yang suka mengejar hujan

Tempat hidup dan Kebiasaan

Burung jantan berkicau keras dari tenggerannya di kanopi hutan. Utamanya memakan berbagai jenis artropoda, dan beberapa jenis buah-buahan. Kadang membuat pahatan di batang kayu yang telah mati. Hidup bergabung dengan kawanan Tepus/pitohui, menghuni tepi hutan dataran rendah dan pegunungan bawah sampai ketinggian 700 mdpl., meski kadang dapat ditemui pada ketinggian 1450 mdpl.

Suara:

Status

Daftar merah IUCN : Resiko Rendah (LC)
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu
Perlindungan: PP  No. 7/1999, PP  No. 8/1999, UU  No. 5/1990

Galeri
Tim Laman

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*