Hermit thrush, burung kecil dengan nyanyian musikal

Ini dia salah satu burung penyanyi paling berbakat di bumi: hermit thrush (Catharus guttatus). Burung penyanyi Amerika Utara berukuran sedang ini mendapat banyak pujian baik dari musisi maupun ahli ornitologi karena nyanyian-nyanyiannya yang punya makna secara musikal.

Foto hermit thrush
Hermit thrush (wikipedia)

Ada beberapa elemen matematika di balik nyanyian burung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Hermit thrush tampaknya lebih suka bernyanyi dalam rangkaian nada harmonis -sebuah komponen fundamental dalam musik manusia. Selera musik burung kemungkinan adalah produk biologi, yang mungkin memberikan petunjuk dalam perdebatan kuno: Mana yang lebih mempengaruhi asal-usul musik manusia, biologis atau kultural?

Nyanyian manusia berakar dalam matematika. Rangkaian harmonis meliputi nada dasar dasar yang diikuti dengan nada-nada lanjutan yang terus berlipat.

Baca juga  Status keberadaan 126 dari 1.605 spesies burung di Indonesia terancam

Para ilmuwan telah lama tertarik dengan gagasan bahwa nyanyian burung mungkin memiliki beberapa keunggulan yang sama dengan musik manusia, tetapi penelitian tentang apakah burung lebih menyukai harmoni malah menghasilkan jawaban yang sangat bertentangan, sebagaimana dikutip smithsonianmag.

Berikut ini adalah tiga nyanyian burung Hermit thrush.

 

 

Download

Selama bertahun-tahun, beberapa ahli ornitologi telah mengklaim bahwa hermit thrush menyanyikan segala macam skala musik, termasuk mayor, minor, dan pentatonik.

“Gagasan bahwa hermit thrush bernyanyi dalam skala -khususnya pentatonis- tampaknya telah menjebak imajinasi manusia dan diulang-ulang begitu sering hingga banyak orang menganggapnya benar,” kata Emily Doolittle, seorang komposer di Cornish College of the Arts di Seattle.

Doolittle dan rekannya Tecumseh Fitch, seorang ahli biologi di University of Vienna, berangkat untuk membantah klaim tersebut, yang mana hal itu membuat hasil penelitian mereka menjadi lebih mengejutkan.

Baca juga  Banyak burung di Yukon mabuk karena makan buah yang terfermentasi

Hermit thrush jantan menyanyikan 6 sampai 10 jenis lagu, semua dimulai dengan suara lengkingan panjang. Sebagian besar bernada tinggi dan cepat. Menggunakan rekaman dari Laboratorium Borror di Ohio State, Doolittle dan Fitch mulai menganalisis pitch dari 114 jenis lagu yang berbeda dari 14 hermit thrush jantan.

“Mendengarkan lagu dengan kecepatan penuh membuat mereka sangat menarik, tapi kami tidak punya firasat bahwa kami bisa mendengar rangkaian harmonis di dalamnya,” kata Doolittle. Mereka hanya mulai mengambil harmoni setelah mereka memperlambat lagu.

Doolittle secara berhati-hati menyimpulkan bahwa burung ini tidak menyusun nyanyian mereka berdasarkan skala. Hal ini jelas menyanggah teori nyanyian burung sebelumnya yang memang belum terbukti kebenarannya, setidaknya untuk saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*