Banyak burung terbakar saat melintas di Gurun Mojave

Para pekerja di pabrik alat pembangkit listrik surya (solar plant) di Gurun Mojave memiliki nama unik untuk menyebut burung yang terbang melalui sinar surya yang terkonsentrasi di pabrik, yakni “steamer” karena bulu-bulu berasap yang berasal dari burung yang terbakar menyala di udara.

Pabrik surya
credit: nationalpost.com

Sebagaimana dirilis National Post, peneliti satwa liar federal yang mengunjungi pabrik BrightSource Energy tahun lalu dan melihat burung-burung terbakar dan jatuh, melaporkan rata-rata ada satu “streamer” setiap dua menit. Mereka mendesak para pejabat California untuk menghentikan penerapan operator untuk membangun pabrik yang lebih besar.

“Kematian burung-burung ini mengkhawatirkan. Sulit untuk mengatakan apakah hal ini disebabkan lokasi atau teknologi,” kata Garry George, direktur energi terbarukan Audubon Society, California. “Perlu ada sedikit perhatian.”

Baca juga  Aneka cara menghilangkan mbagong pada burung kacer

Kematian burung-burung ini menjadi contoh terbaru di mana pencarian energi bersih kadang-kadang secara tak sengaja menimbulkan kerusakan lingkungan. “Kami mengangap masalah ini sangat serius,” kata Jeff Holland, juru bicara NRG Solar Carlsbad, California.

Pabrik senilai 2,2 milyar dolar yang diluncurkan pada bulan Februari itu berlokasi di Ivanpah Dry Lake dekat perbatasan California-Nevada. Operator mengatakan itu adalah pabrik terbesar di dunia yang mengoperasikan menara daya.

Para pejabat federal mengatakan Ivanpah kemungkinan bertindak sebagai “mega perangkap” untuk satwa liar. Cahaya terang dari pabrik ini menarik serangga, yang pada gilirannya menarik burung pemakan serangga yang terbang menuju kematian mereka dalam sinar cahaya yang sangat terfokus. Dengan kata lain, burung-burung itu memasuki fluks surya, terbakar, dan hangus.

Baca juga  Cara terbang burung kolibri lebih mirip dengan serangga ketimbang burung

Ahli biologi federal dan negara tengah menghitung jumlah kematian yang signifikan, berdasarkan jumlah burung yang hangus dan jatuh. Hal ini tentu sangat memprihatinkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*