Banyak burung di Yukon mabuk karena makan buah yang terfermentasi

Burung-burung di wilayah Yukon, Kanada, semakin sering mabuk karena makan buah yang terfermentasi. Tak mengherankan jika lembaga pemerintah, Environment Yukon, mendirikan sebuah tangki agar burung yang mabuk itu dapat siuman dengan aman.

Burung mabuk
credit: cbc.ca

Menurut laporan yang dirilis CBC, dengan salju yang menghampar di tanah, burung memakan semua yang mereka bisa sebelum cuaca dingin datang, dan burung Bohemian waxwing suka makan buah mountain ash berry.

“Apa yang terjadi tahun ini adalah setelah embun beku, buah akan berfermentasi dan burung-burung bisa menjadi sedikit mabuk setelah makan buah ini, dan mereka akan benar-benar mabuk,” kata Meghan Larivee bersama unit kesehatan hewan di lingkungan Yukon.

Baca juga  Status keberadaan 126 dari 1.605 spesies burung di Indonesia terancam

Burung yang mabuk akan sangat kesulitan mengendalikan gerakan terbang mereka, dan seperti manusia pada umumnya, koordinasi mereka di bawah pengaruh alkohol akan sangat terganggu. Hal ini bahkan bisa mematikan.

“Jadi mereka tetap bisa terbang tapi mereka tidak bisa dengan lihai menghindari berbagai rintangan,” kata Larivee. “Tidak jarang mereka akan menghantam jendela.”

Jika warga menemukan seekor burung kecil yang mabuk atau tidak sadar, Environment Yukon akan mengambilnya dan memasukkannya ke dalam tangki penampungan, semacam kandang hamster, “sehingga mereka bisa sembuh sampai mereka bisa dilepaskan,” kata Larivee.

Jika memerlukan perawatan yang lebih intensif, seperti seekor burung minggu lalu, ia akan dibawa ke rehabilitasi di Yukon Wildlife Preserve.

Baca juga  Burung menggunakan giroskop di otak untuk memandu mereka terbang

“Kami pada dasarnya akan mencoba membuat mereka tenang, jauh dari stres,” kata kurator Yukon Wildlife Preserve, Maria Hallock.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*