Pakan racikan untuk burung jenis cucak-cucakan

Burung cucak-cucakan termasuk jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh kicaumania di Indonesia. Ada beberapa macam jenis burung dari keluarga cucak-cucakan yang terkenal seperti cucak jenggot, kapas tembak, kutilang, trucukan atau lainnya. 

 

Memelihara spesies burung dari keluarga cucak-cucakan memang mudah-mudah susah, dalam artian ketika kita menemukan setingan dan pakan yang tepat mereka umumnya mudah sekali untuk rajin berbunyi. 

Karena itu pula banyak penggemar burung yang memberikan pakan harian yang cukup bervariasi, termasuk dengan memberikan pakan racikan sendiri, misalnya pakan racikan berikut yang dikhususkan untuk burung cucak jenggot atau kapas tembak, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa bermanfaat untuk spesies burung lain dari keluarga cucak-cucakan lainnya seperti trucukan atau kutilang. 

Baca juga  Perhatikan ini saat memilih pakan burung kicauan

Berikut bahan-bahan yang digunakan: 

  • 1 butir telur ayam atau bebek yang diambil bagian putihnya saja.
  • 2 sendok makan kroto segar yang bersih dari semut
  • 1 buah Apel merah yang sebelumnya dipisahkan bijinya lalu diblender atau ditumbuk hingga menjadi butiran kasar.

Cara membuat: 

Satukan semua bahan lalu aduk hingga bercampur rata baik menggunakan sendok atau menggunakan blender. 

Sajikan pada burung setiap pagi hari dengan porsi satu – dua sendok teh sehari, sedangkan sisanya diletakkan dalam wadah tertutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan di hari berikutnya. 

Setelah mengkonsumi pakan ini, burung yang tadinya malas bunyi akan cenderung tambah rajin bunyi, karena itu silakan anda mencobanya di rumah bagi burung kesayangan anda. 

Baca juga  Bubut Jawa yang semakin menghilang

Semoga manfaat dan Salam kicau!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*