Mengatasi cendet yang jarang bunyi dan manja

Memelihara burung cendet menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar kicaumania, lantaran tidak sedikit penggemar cendet yang mengeluhkan cendet miliknya mendadak jarang bunyi dan lebih cenderung menjadi sangat manja. Cendet adalah burung yang sangat aktif, di seluruh dunia cendet sudah dikenal sebagai burung predator kecil yang setara dengan burung alap-alap. Ketika mereka dipelihara dalam kandang, maka pemiliknyalah yang harus beradaptasi dengan mereka, dan bukan burung yang harus beradaptasi dengan pemiliknya. 

Ada banyak penyebab mengapa burung cendet yang tadinya rajin bunyi dan tidak banyak tingkah mendadak menjadi burung yang jarang berbunyi, cepat manja, dan sering menggigit. Biasanya hal tersebut terjadi karena faktor nutrisi dan kondisi psikologi si burung, misalnya karena burung yang merasa bosan, dan burung yang kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya. 

Baca juga  Memahami penyebab burung kenari tidak mau berkicau

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi solusi untuk memecahkan masalah anda: 

  • Mulailah dengan merutinkan mandi malam sampai kondisi cendet benar-benar kembali seperti semula.
  • Berikan pakan harian yang cukup terutama dari pakan serangga seperti jangkrik dan kroto yang harus diberikan lebih dari yang biasanya.
  • Berikan sesekali pakan alami mereka, yang biasa berupa hewan-hewan buruannya seperti burung kecil, tikus, katak, atau kadal. 
  • Tempel dengan pentet betina selama beberapa hari, hanya untuk merangsang burung cepat birahi dan kembali rajin berbunyi. 

Itulah beberapa hal yang bisa mempengarui kondisi pentet ketika mereka sedang dalam kondisi yang membuat kita jengkel dengan tingkah manjanya dan kicauannya yang jarang dilagukan lagi. 

Baca juga  Tips perawatan burung kolibri ninja

Semoga manfaat dan salam kicau!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*