Fungsi kerodong untuk burung kicauan

Bagi sebagian penggemar burung kicauan , pemberian kerodong untuk burung khususnya yang sering dilombakan atau hanya sekedar klangenan dirumah menjadi salah satu bagian dalam perawatan burung kicauan. kerodong selain bermanfaat menghindari burung terkena masuk angin dan serangga juga memberi simulasi hari yang sudah gelap pada burung peliharaan didalam sangkarnya sehingga ia bisa beristirahat dengan tenang tanpa terganggu oleh cahaya diluar. 

Saat ini bentuk dan warna kerodong pun sudah sangat bervariasi, mulai dari yang mewah  hingga yang ekonomis dengan harga yang bervariasi tergantung motif, bentuk dan bahan yang digunakannya. 

Kalau kita terbiasa memberikan kerodong pada burung peliharaan, berarti kita sudah faham betul apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari pemberian kerodong tersebut. 

Baca juga  Perawatan Rambatan untuk masteran

< variasi kerodong >

Berikut ini beberapa fungsi dari pemberian kerodong untuk burung peliharaan dirumah:

  • Mencegah gigitan nyamuk, dan masuknya seranga. Untuk jenis burung Finch seperti kenari, blackthroat, sanger dll, gigitan nyamuk dapat menyebabkan radang pembengkakan bahkan kematian, sedangkan untuk burung pentet, kacer dan murai batu yang di alam memakan serangga, maka penggunaan kerodong dapat menghindarkan burung memakan serangga berbahaya.
  • Memberi kenyamanan pada burung dimalam hari agar dapat beristirahat/tidur dengan tenang.
  • Melindungi burung dari hembusan angin yang agak kencang.
  • Untuk kenyamanan dalam perjalanan ketika burung dibawa ketempat lain.
  • Untuk memberi kehangatan & kenyamanan waktu burung tersebut ngurak/mabung( juga supaya bulu yang rontok tidak berterbangan / bertebaran).
  • Untuk mencegah burung berhadapan langsung terus menerus dgn burung sejenis lainnya( dikhawatirkan jika burung berhadapan terus menerus nantinya burung tsb akan gembos atau salah satu akan kalah mental).
  • Memperindah Kandang, jika krodong yang digunakan bercorak dan berbahan Indah tentunya akan menambah keindahan sangkar yang di gantungkan di dalam rumah. 
Baca juga  Mengenal kenari Japan Hoso

Hal Penting dalam Pemilihan Kerodong adalah : 

  • Pilih kerodong yang pas dengan ukuran kandang burung, yang bahannya tidak berkibar (berumbai) untuk mencegah tersangkutnya rumbai tersebut tersangkut di tempat pakan atau minuman, juga mencegah rumbai tersebut menyangkut di pintu kandang yang memungkinkan burung lepas.
  • Pemilihan krodong dapat dengan memperhatikan beberapa kondisi, seperti :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*