Pemilihan dan Perawatan Burung Gelatik Wingko

Burung Glatik Wingko atau Gelatik Wingko
Burung Glatik Wingko

Burung gelatik wingko atau glatik wingko saat ini mulai dilombakan di sejumlah event lomba burung berkicau. Burung ini naga-naganya akan populer sebagai burung lomba dan bukan sekadar burung masteran.
Untuk mengetahui catra pemilihan bakalan burung gelatik wingko dan cara perawatannya, sebaiknya kita ketahui dulu apa dan bagaimana burung yang bernama latin Parus cinereous atau dalam bahasa Inggrisnya Great Tit ini. 

Ukuran badan burung glatik wingko termasuk kecil (13 cm), dengan bulu berwarna hitam, abu-abu, dan putih. Kepala dan kerongkongan gelatik wingko hitam dan ada bercak putih mencolok di sisi muka. Dibandingkan dengan burung gelatik jawa, burung glatik wingkio paruhnya berwarna hitam dan kecil.
Gambaran umum
Gelatik Wingko memilki suara kicauan yang nyaring dengan cerecet yang panjang dan nafas yang kuat. Gelatik wingko tergolong burung yang mudah beradaptasi dan cara perawatan serta pemeliharaannya cukup mudah.

Baca juga  Pantauan dan prediksi harga burung september 2014

Karena daya adaptasinya yang cukup tinggi, burung ini relatif lebih cepat untuk berbunyi dibandingkan dengan jenis burung kicau lain.
Suara burung ini selain merdu juga memiliki berbagai variasi suara burung lain seperti burung gereja. Burung dengan warna bulu abu-abu hitam ini sangat cocok sebagai isian atau master bagi berbagai jenis burung ocehan lainnya, terutama untuk burung kenari.
 Burung yang dulu dianggap sebagai musuh petani ini sekarang mulai banyak diburu oleh para penggemar burung kicau baik untuk masteran maupun koleksi di rumah. Hal ini mengakibatkan terjadinya penangkapan dan perdagangan secara besar-besaran yang berdampak pada populasi burung ini yang menjadi semakin langka di alam bebas.
Rusaknya ekosistem dan menyusutnya areal persawahan juga ikut berperan menyusutkan jumlah burung gelatik di alam. Untungnya sekarang sudah ada yang menangkarkan burung gelatik ini, sehingga kebutuhan akan burung ini ini tidak hanya bertumpu pada penangkapan alam.
Harga
Gelatik wingko memiliki harga yang lumayan terjangkau. Untuk burung yang masih muda saat ini (awal 2012) para penjual mematok harga sekitar Rp 100.000. Sementara untuk burung yang sudah dewasa harganya sekitar Rp 450.000 sampai Rp 500.000. Untuk burung yang sudah gacor harganya dapat melambung tinggi sampai jutaan rupiah.
Cara Memilih gelatik Wingko
Memilih burung memang tidak boleh sembarangan. Salah memilih dapat membuat kita menjadi kurang puas bahkan kecewa dengan burung yang kita pilih. Untuk memilih gelatik wingko, kita harus memilih yang patuknya lebih ceriwis, jangan terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Dengan demikian, suara yang merdu disertai dengan tembakan cerecetannya sangat jelas terdengar.
Perawatan
Cara perawatan dan pemeliharaan burung ini cukup sederhana. Berikan pakan setiap hari berupa voer atau biji-bijian. Sesekali berilah kroto sedikit. Burung ini juga dapat digantungkan bersama burung kicau lainnya.

Baca juga  Perawatan burung di musim kemarau

Suara burung glatik wingko

Download

50 Comments

  1. Gelatik ku gacor… bahkan suka ngeriwik trus…
    ..padahal burung tangkapan..
    ..jady semangat melihara gelatik..
    plekecit..plekeciiiit…

  2. Kl cm plekeciiit…oplekeciiit mah biasa yg mantap ya goociiiit ……goociiiit……goociiiit….
    Pengen lebih receh lagi suaranya????kasih tumbukan kacang tanah kering aja

  3. Kl cm plekeciiit…oplekeciiit mah biasa yg mantap ya goociiiit ……goociiiit……goociiiit….
    Pengen lebih receh lagi suaranya????kasih tumbukan kacang tanah kering aja

  4. punya w dah gacor. banyak isiannya cnthnya burger,anis kembang,cecurut,ciblek. siap kontes. my phone 085289861451

  5. gelatik ane top ni udh sering moncer raih 12x juara 1 dlu ane beli cuma hrga 25rb..! Pke pletekan jari langsung nyamber kya tembakan bertubi-tubi

  6. sekedar share siapa tau brmanfaat, gelatik wingko tipikalnya emang giras meski diplihara lama, kcuali kita rawat dari lolohan, jika pengen glawing jd gacor, jngan lupa mandi jemur plus makanan yg brkualitas, sprti kroto atau jg ulat kandang/ulat balap.

  7. Saya mempunyai glatik wingko berjambul seperti cililin ,,apakah ini species lain??

    Hub saya di:
    087855155168

    081335358916

    fb: Ipung Ndablegh Tapi Mesra
    trims ya.. 🙂

  8. ane bli glatik 100rbu ude rajin bunyi,tp hobinya akrobat suka salto kebawah tiada ampun,,da yg tau gmana ngatasinya ga,,mhon infonya donk. .

  9. Punyaku pemuda tapi lumayan lah buat mikat. Saben libur psti nyari ke hutan. Baru dapet di jual 40/50rb

  10. aku malah punya glatik lebih bagus lagi menurut aku heee…beli dari orang desa yg ambil di sarangnya di bukit.cuma 40rb tapi sekarang banyak yg nawar di atas 200rb…semangat bagi glatikkers indonesia

  11. Ane baru beli kemaren harga 90rb ya giras sih ampe buntutnya ga nyisa heeheee,,,tp dah bunyi,lumayan keras ,,,masih takut2 klo d deketin orang,,X_Xº°˚°ºНÄ∂EUUUHº°˚°º X_X ampyuunnn,,,tp semangattt bgt manyanlah bwt isian kenari ,,,hidup glatikerzzzzzz

  12. Glatikku luar binasa, beli harga bakalan 90 rb sekarang bunyinya niruin burung gagak wosit wosit wosit 15 kali g mau putus, dah ditawar 500 lum ane lepas

  13. Cara jinakin… Burung glatik wingko gampang… Setiap jam 7 pagi di mandin lalu di jemur… Kalo sudah kelihatan burung itu kepanasan di tandai dg membuka mulutnya lalu mandiin lagi, begitu juga selanjutnya…

  14. glatik batu tu makanan alamiah ny adalah serangga sedangkan yg makan bijian adalah glatik jawa!
    Awas jgn ketukar krn beda jauh biarpun nama ny mirip.

  15. sya beli gelatik batu , di saudara saya cuman 70.000 , isian ciblek , gerejra, pleci .
    tapi giras nya minta ampun………

  16. Vyanara Salsabilla: Maksudnya suka cabutin bulunya sendiri gitu? coba kurangin EFnya terutama jangkrik atau UH nya, pakannya ditambah dengan kacang tanah (ditumbuk kasar saja)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*